Buntut Serangan di Paris, Koran Denmark Tingkatkan Kewaspadaan

Rabu, 07 Januari 2015 - 22:33 WIB
Buntut Serangan di Paris, Koran Denmark Tingkatkan Kewaspadaan
Buntut Serangan di Paris, Koran Denmark Tingkatkan Kewaspadaan
A A A
COPENHAGEN - Sebuah kelompok media di Denmark, yakni JP/Politikens Hus yang merupakan pemilik dari surat kabar Jyllands-Posten, dilaporkan segera memperketat keamanan. Langkah ini diambil paska terjadinya serangan terhadap kantor surat kabar Prancis, Charlie Hebdo.

Melansir Reuters, Selasa (7/1/2014), hal ini dilakukan karena surat kabar tersebut juga pernah membuat sebuah karikatur yang meledek Nabi Muhammad. Surat kabar Jyllands-Posten membuat karikatur itu pada tahun 2005 lalu.

Karikatur yang dibuat oleh Jyllands-Posten sempat membuah heboh dunia. Karikatur ini memicu gelombang protes yang disertai kekerasan, diamana setidaknya 50 orang tewas akibat serangakain aksi protes tersebut.

Kepolisian Paris memang menduga kuat serangan di surat kabar Charlie Hebdo karena karikatur yang muncul pada tahun 2011 lalu. Hal ini diketahui dari keterangan saksi yang menyatakan, pelaku serangan sempat meneriakan kalau aksi ini adalah balasan atas apa yang surat kabar itu lakukan pada Nabi Muhammad.

Dalam serangan di Paris setidaknya 12 orang tewas, termasuk dua orang polis. Selain itu, 20 orang menderita luka-luka, dimana empat diantaranya saat ini tengah dalam kondisi kritis.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6353 seconds (0.1#10.140)