Lawan Kelompok Anti-Islam di Jerman, Muncul Demo Tandingan

Selasa, 06 Januari 2015 - 11:02 WIB
Lawan Kelompok Anti-Islam...
Lawan Kelompok Anti-Islam di Jerman, Muncul Demo Tandingan
A A A
BERLIN - Demonstrasi anti-Islam yang digelar kelompok PEGIDA di sejumlah wilayah Jerman kemarin dianggap rasis. Puluhan ribu penentang kelompok itu kini menggelar demo tandingan untuk membela komunitas Muslim di Jerman.

Kelompok PEGIDA adalah kelompok anti-imigran yang mengklaim menyuarakan kelompok patriotik Eropa untuk melawan Islamisasi Barat. Sekitar 30 ribu penentang demo kelompok PEGIDA di berbagai wilayah di Jerman telah turun ke jalan.

Menurut laporan AP, Selasa (6/1/20140, para penentang PEGIDA beraksi di Dresden, Berlin, Cologne, Stuttgart, Muenster dan Hamburg, dengan membawa berbagai atribut untuk mendukung komunitas imigran.

Kelompok PEGIDA yang menurut polisi berjumlah sekitar 18 ribu orang, kemarin nekat demo di berbagai wilayah di Jerman. Padahal, Kanselir Jerman, Angela Merkel, telah memperingatkan agar demo itu tidak dilakukan.

Para penentang kelompok PEGIDA menganggap menentang komunitas imigran adalah kebijakan rasis. ”Apa yang terjadi sekarang di Jerman sangat mengejutkan,” kata Ursula Wozniak, demonstran anti-PEGIDA di Berlin.

Pihak Katedral di Jerman juga menyayangkan demo kelompok PEGIDA. Tokoh Katedral Jerman, Norbert Feldhoff, minta warga Jerman berpikir dua kali sebelum bergabung dengan kelompok PEGIDA.

”(Jika) Anda mengambil bagian dalam tindakan itu, orang dapat melihat Anda adalah Naziis, rasis dan ekstrimis,” kata Feldhoff.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0910 seconds (0.1#10.140)