Kerry: Rusia Berperan Turunkan Tensi di Ukraina Timur

Rabu, 17 Desember 2014 - 18:48 WIB
Kerry: Rusia Berperan Turunkan Tensi di Ukraina Timur
Kerry: Rusia Berperan Turunkan Tensi di Ukraina Timur
A A A
LONDON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, menyatakan, Rusia dalam beberapa hari terakhir telah membuat beberapa langkah konstruktif, yang membantu menurunkan ketegangan di wilayah Ukraina timur.

“Izinkan saya berbicara, dalam beberapa hari terakhir ini Rusia telah membuat banyak langkah maju, dan mudah-mudahan langkah-langkah yang diambil oleh Rusia tersebut dapat terus membantu menurunkan ketegangan dan membantu menyelesaikan konflik di Ukraina,” ucap Kerry saat melakukan jumpa wartawan di London, Inggris.

Melansir Sputnik, Rabu (17/12/2014), Kerry menyatakan, beberapa langkah kontruktif yang diambil oleh Rusia seperti penarikan mundur pasukan dari wilayah perbatasan. Rusia juga turut meminta kepada separatis untuk menarik semua kendaraan militer dan pasukan mereka dari zona konflik.

Dirinya juga mengatakan, bila Rusia terus menerus menunjukan itikad baik dalam membantu proses perdamaian di Ukraina, bukan tidak mungkin semua sanksi yang telah dijatuhkan kepada Rusia oleh AS akan ditarik kembali.

“Sanksi memang ditunjukan agar Presiden Vladimir Putin membuat langkah konstruktif untuk membantu menyelesaikan konflik di Ukraina. Jika tren ini terus berjalan, mungkin dalam hitungan minggu, bahkan hari, sanksi untuk Rusia akan dicabut,” tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)