Rusia Tidak Pernah Berniat Musuhi NATO

Rabu, 17 Desember 2014 - 13:47 WIB
Rusia Tidak Pernah Berniat Musuhi NATO
Rusia Tidak Pernah Berniat Musuhi NATO
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menegaskan pihaknya tidak memiliki rencana atau niat untuk memusuhi NATO. Hubungan keduanya tegang, karena menurut Lavrov, NATO memberikan acaman terhadap kedaulatan Rusia.

“Doktrin dalam militer Rusia adalah, militer harus menjaga Rusia dari segala macam ancaman yang ada. Kehadiran NATO di timur Eropa yang dekat dengan Rusia adalah bentukan ancaman tidak langsung,” ucap Lavrov. Seperti dilansir Russia Today, Rabu (17/12/2014).

“Bukanlah NATO yang kami musuhi, tapi tindakan-tindakan mereka yang memberikan ancaman kepada negara kami,” tambah diplomat senior Rusia tersebut.

Lavrov menyatakan, karena sikap Rusia terhadap Ukraina, NATO secara sepihak telah memutus semua hubungan dengan negaranya. Kerjasama anti-teroris di Eropa dan operasi militer di Afghanistan adalah beberapa kerjasama yang diputus NATO akibat sikap Rusia terhadap Ukraina.

Dirinya menyakinki, sebenarnya NATO membutuhkan Rusia untuk beberapa hal. Namun, karena gengsi, NATO seperti enggan mengatakannya. Lavrov bahkan menyebut sikap NATO tersebut kekanak-kanakan.

"Dengan kata lain, substansi mereka sebenarnya ingin melanjutkan (hubungan dengan Rusia). Tapi untuk konsumsi publik, mereka ingin mengatakan bahwa mereka sangat kuat tetap memutus hubungan dengan Rusia,” ucapnya.

“Hal itu memang kekanak-kanakan, tapi apa yang dapat kami lakukan untuk mengubahnya? Memang terkadang beberapa orang dewasa masih bermain-main layaknya anak-anak,” imbuhnya
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1309 seconds (0.1#10.140)
pixels