Tiada Hari Tanpa Pertempuran di Ukraina Timur

Kamis, 11 Desember 2014 - 21:01 WIB
Tiada Hari Tanpa Pertempuran di Ukraina Timur
Tiada Hari Tanpa Pertempuran di Ukraina Timur
A A A
KIEV - Day of Silence, sebutan pemerintah Ukraina dan perwakilan separatis untuk gencatan senjata di Ukraina timur nampaknya hanya menjadi sebuah slogan semata. Tidak ada keheningan di wilayah Ukraina timur, pertempuran masih terus berlanjut setiap harinya.

Melansir Reuters, Kamis (11/12/2014), Juru bicara militer Ukraina Andriy Lysenko mengatakan dalam sebuah pernyataan, dalam 24 jam terakhir setidaknya terdapat 22 kali serangan yang dilancarkan oleh separatis ke basis pasukan Ukraina, baik di Donetsk ataupun Lugansk.

Dalam serangan itu, setidaknya tiga orang tentara Ukraina tewas. “Tiga tentara Ukraina tewas dan delapan orang lainnya menderita luka-luka dalam serangkaian serangan yang dilakukan pihak separatis dalam 24 jam terakhir,” ungkap Lysenko dalam pernyataannya.

Walaupun terus mendapatkan serangan, Lysenko mengaku pihaknya masih terus berusaha untuk mempertahankan kesepakatan gencatan senjata terbaru, yang baru dimulai awal pekan lalu. “Kami masih mengamati situasi,” ucapnya.

Kesepakatan gencatan senjata terbaru sendiri diharapkan dapat menjadi pembuka jalan bagi negosiasi damai antara pihak Ukraina dan separatis. Kelompok kontak, yang berisi perwakilan dari Ukraina, separatis, Rusia dan berada di bawah naungan Organiasasi Kerjasama dan Keamanan Eropa atau OSCE dikabarkan akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat untuk membahas hal ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5943 seconds (0.1#10.140)