Punya 8 Menteri Wanita, AS Kagumi Kesetaraan Gender RI

Selasa, 02 Desember 2014 - 17:20 WIB
Punya 8 Menteri Wanita, AS Kagumi Kesetaraan Gender RI
Punya 8 Menteri Wanita, AS Kagumi Kesetaraan Gender RI
A A A
JAKARTA - Adanya delapan menteri wanita di kabinet Pemerintah Presiden Joko Widodo dikagumi Pemerintah Amerika Serikat (AS). Hal itu dianggap kemajuan dalam hal keseteraan gender.

"Indonesia sudah sangat baik dalam perkembangan kesetaraan bagi wanita, bisa dilihat dengan banyaknya jumlah menteri wanita di pemerintahan Indonesia saat ini," kata Asisten Menteri Luar Negeri AS, Scot Marciel, pada Selasa (2/12/2014) di Jakarta.

Jumlah menteri wanita di Indonesia bahkan lebih banyak dari beberapa negara sahabat, seperti Malaysia dan Australia. Bahkan jumlah menteri wanita Indonesia juga lebih banyak dari AS.

Marciel menilai kondisi Indonesia saat ini sudah sangat mendukung untuk para wanita mengembangkan diri, baik di sektor swasta ataupun DI sektor pemerintahan.

"Banyak sekali kesempatan yang dimiliki oleh para wanita untuk mengembangkan diri mereka di Indonesia," imbuh dia.

Seperti diketahui, dari 34 menteri di kabinet Pemerintah Indonesia, ada delapa menteri wanita. Yakni, Menteri Badan Usaha Milik Negara; Rini Soemarno, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup; Siti Nurbaya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan; Puan Maharani dan Menteri Kesehatan; Nila F Moeloek.

Selanjutnya, Menteri Sosial; Khofifah Indar Parawansa, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak; Yohana Yembise, Menteri Luar Negeri; Retno LP Marsudi, dan Menteri Kelautan dan Perikanan; Susi Pudjiastuti.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4636 seconds (0.1#10.140)