Pria Uruguay Ini Pengganti Presiden Termiskin Sedunia

Senin, 01 Desember 2014 - 10:24 WIB
Pria Uruguay Ini Pengganti Presiden Termiskin Sedunia
Pria Uruguay Ini Pengganti Presiden Termiskin Sedunia
A A A
MONTEVIDEO - Tabare Vazquez memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) Uruguay, pada hari Minggu. Dia otomatis menggantikan Jose Mujica, yang dikenal sebagai presiden termiskin sedunia karena kesederhanaannya.

Vasquez, 74, yang meraih 53 persen suara mengalahkan rivalnya, Luis Lacalle Pou, yang meraih 41 persen suara. Sedangkan Mujica yang sebenarnya meraih banyak simpati tidak bisa ikut bertarung dalam Pilpres karena konstitusi Uruguay melarang seseorang menjadi presiden untuk dua periode.

Ribuan pendukung Vazquez turun ke jalan untuk merayakan kemenangannya. Vazquez adalah seorang ahli onkologi yang dihormati rakyat Uruguay.

”Saya berjanji untuk bekerja semaksimal saya, tetapi saya tidak bisa sendirian, saya tidak mau bekerja sendiri, saya ingin mengandalkan semua rakyat Uruguay,” katanya, semalam seperti dikutip Reuters, Senin (1/12/2014).

Sedangkan Mujica yang menjelang pensiun sebagai Presiden Urugay telah meninggalkan warisan kebijakan yang kontroversial. Dia menjadi presiden pertama di dunia yang melegalkan ganja. Dia juga berani melegalkan aborsi.

Namun di balik kebijakan kontroversialnya itu, Mujica memiliki kharisma yang berpengaruh bagi rakyat Uruguay. Dia dikenal hidup sederhana, di mana sebagian besar gajinya disumbangkan untuk amal sosial.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6616 seconds (0.1#10.140)