Lawan ISIS, AS Luncurkan Perang Cyber

Selasa, 28 Oktober 2014 - 18:11 WIB
Lawan ISIS, AS Luncurkan Perang Cyber
Lawan ISIS, AS Luncurkan Perang Cyber
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS), akhirnya menyadari untuk bisa mengalahkan ISIS mereka tidak bisa hanya mengandalkan serangan fisik, tapi juga serangan non fisik. AS dikabarkan akan meluncurkan kampanye online untuk melawan ISIS.

Melansir Russia Today, Selasa (28/10/2014), Wakil negara AS untuk Urusan Publik, Richard Stengel mengemukakan pihaknya sedang ini sedang membangun sebuah koalisis informasi, untuk mampu melawan kampanye online yang sangat gencar dilakukan oleh ISIS.

“Saat ini sudah ada koalisi militer yang melakukan serangan fisik terhadap ISIS, namun semenjak koalisi ini dibanguan mereka juga menyadari bahwa dibutuhkan sebuah koalisi informasi untuk melengkapi koalisi militer,” ucap Stengel.

Dalam sebuah pertemuan yang berlangsung di Wahington yang dihadiri oleh perwakilan dari Inggris, Prancis, Arab Saudi, Mesir dan Uni Emirat Arab, mereka sepakat untuk meningkatkan kerjasama intelijen, komunikasi, dan juga teknologi untuk merelasisasikan koalisi tersebut.

Sementara itu, pensiunan Jenderal AS John Allen utusan khusu yang bertugas untuk membangun koalisi ini menyatakan, dirinya telah mendesak kepada semuah pihak untuk segera melakukan kampanye online untuk melawan ISIS.

“Saya sangat mendorong para peserta pertemuan untuk segera menetapkan sebuah rencana kerja untuk bisa melawan propaganda dan kampanye yang dilakukan oleh ISIS baik secara online atau melalui media lainnya,” ucap Allen.

ISIS memang dikenal sebagai kelompok yang aktif di dunia maya, mereka kerap menggunakan media sosial untuk menyampaikan propaganda, dan juga merekrut anggota mereka. Tidak sedikit anak muda yang terjebak dalam hasutan melalui media sosial dalam kampanye yang dilakukan oleh kelompok radikal itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6343 seconds (0.1#10.140)