Inggris Akhiri Misi di Afghanistan

Minggu, 26 Oktober 2014 - 20:15 WIB
Inggris Akhiri Misi di Afghanistan
Inggris Akhiri Misi di Afghanistan
A A A
LONDON - Pemerintah Inggris memutuskan untuk mengakhiri misi bantuan mereka di Afghanistan, menyusul Amerika Serikat (AS) yang melakukan hal serupa tahun 2011 lalu. Kini, Inggris menyerahkan pengelolaan kamp militer mereka kepada pasukan Afghanistan.

Melansir BBC, Minggu (26/10/2014), kamp Bastion adalah kamp militer Inggris yang terakhir di Afghanistan dan telah digunakan oleh pasukan Inggris sejak tahun 2006. Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon menyatakan, walaupun banyak melakukan kesalahan, militer Inggris bekerjasama dengan militer setempat dan telah banyak melakukan pekerjaan hebat.

“Hari ini dengan bangga kami mengumumkan, bahwa kami telah menyelesaikan misi bantuan kami di Afghanistan,” ucap Fallon. Menurutnya, apa yang telah dilakukan pasukan Inggris di sana bisa menjadi sebuah landasan yang kuat bagi pasukan Afghanistan.

"Pengorbanan luar biasa angkatan bersenjata kami telah meletakkan dasar yang kuat bagi pasukan keamanan Afghanistan, yang akan menyongsong sebuah transisi pemerintahan pertaman di negara tersebut,” Fallon menambahkan.

Dirinya juga mengakui, Taliban memang belum sepenuhnya dikalahkan di Afghanistan. Namun, dirinya meyakini bahwa pasukan Afghanistan mampu melakukan pekerjaan untuk bisa mengamankan negara mereka.

Setidaknya 453 anggota militer Inggris tewas dalam sembilan tahun misi bantuan Inggris di Afghanistan. Fallon turut menegaskan mereka tidak akan pernah lagi mengirimkan pasukan darat ke Afghanistan dalam rangka apapun.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6334 seconds (0.1#10.140)