Efek ISIS, Ekstrimisme Tumbuh Subur di Jerman

Minggu, 26 Oktober 2014 - 16:55 WIB
Efek ISIS, Ekstrimisme Tumbuh Subur di Jerman
Efek ISIS, Ekstrimisme Tumbuh Subur di Jerman
A A A
BERLIN - Perkembangan ISIS yang dinilai sangat cepat membuat pemerintah Jerman waspada. Intelijen Jerman mengatakan, akibat perkembangan ISIS yang sangat pesat, membuat ekstrimisme tumbuh subur di Jerman.

Hans-Georg Maassen, Kepala Badan Intelijen Dalam Negeri Jerman (BfV), mengemukakan seperti dilansir Russia Today, Minggu (26/10/2014), setidaknya sudah ada 6.300 ekstrimis yang berafiliasi dengan ISIS di Jerman saat ini, dan akan terus meningkat hingga menjelang natal.

Maassen menyebut para Muslim radikal ini sebagai pengikut salafisme, yang mengagungkan jihad sebagai senjata utama dalam melakukan perlawanan terhadap Barat. “Para pengikuti salafisme sangat tertarik dengan ISIS, karena kesamaan paham,” ucap Maassen.

“Ada sebuah hubungan yang jelas antara keberhasilan ISIS dalam menaklukan Irak dan Suriah, dan perkembangan salafisme di sini (Jerman),” ungkap Maassen. “Mereka tertarik pada kebrutalan, radikalesme, dan kekauan yang ditunjukan oleh ISIS,” tambahnya.

Dirinya juga menyatakan, dari 6.300 orang tersebut, 450 diantaranya sudah melakukan perjalanan ke Suriah dan Irak untuk bergabung dengan ISIS. “Sekitar 70 persen dari mereka yang pergi adalah warga asli Jerman, dan selebihnya adalah warga keturunan,” imbuhnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5067 seconds (0.1#10.140)