Ukraina Bantah Gunakan Bom Curah

Jum'at, 24 Oktober 2014 - 20:22 WIB
Ukraina Bantah Gunakan Bom Curah
Ukraina Bantah Gunakan Bom Curah
A A A
KIEV - Pemerintah Ukraina akhirnya angkat suara perihal tuduhan Human Right Watch (HRW) tentang penggunaan bom curah di Ukraina timur. Ukraina menyebut laporan tersebut adalah laporan palsu, yang sengaja dibuat untuk menyudutkan Ukriana.

Dalam laporannya HRW menyatakan, Ukraina menggunakan bom curah dalam pertempuran melawan separatis di Ukraina timur. Bom curah, menurut HRW adalah senjata yang sudah dilarang untuk dipakai dalam sebuah pertempuran.

Bagian yang paling diprotes oleh pihak Ukraina adalah bukti-bukti berupa foto yang dikeluarkan HRW untuk memperkuat laporan mereka. Ukraina menyatakan, semua foto yang dirilis adalah hasil rekayasa, dan bukanlah foto asli.

“Jika Anda melihatnya dengan seksama, maka Anda dapat mengetahui bahwa foto-foto tersebut adalah palsu,” ucap Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavlo Klimkin mengacu pada foto-foto yang disebar HRW. Seperti dilansir Itar-tas, Jumat (24/10/2014).

Penggunaan bom curah di Ukraina sendiri telah menarik perhatian PBB. Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk Hak Asasi Manusia Ivan Simonovic mengatakan Dewan Keamanan PBB akan membahas isu-isu hak asasi manusia di Ukraina malam ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5470 seconds (0.1#10.140)