PBB: Yazidi Sedang Hadapi Upaya Genosida

Rabu, 22 Oktober 2014 - 17:19 WIB
PBB: Yazidi Sedang Hadapi Upaya Genosida
PBB: Yazidi Sedang Hadapi Upaya Genosida
A A A
NEW YORK - PBB memperingatkan adanya usaha untuk memusnahkan kaum Yazidi, yang merupakan minoritas di Irak oleh ISIS. Peringatan tersebut muncul setelah PBB mendapatkan beberapa bukti yang menunjukan adanya usaha ke arah tersebut.

“Ada sebuah bukti kuat yang menunjukan akan adanya usaha genosida terhadap kaum Yazidi,” ucap Asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk urusan Hak Asasi Manusia, Ivan Simonovic, seperti dilansir Al Arabiya, Rabu (22/10/2014).

Hal tersebut disampaikan oleh Simonovic saat melakukan kunjungan ke kamp pegungsian kaum Yazidi yang berada di Irak. Dirinya juga menyatakan, apa yang telah dilakukan oleh ISIS terhadap kaum Yazidi merupakan salah satu bentuk kejahatan perang terburuk.

“Dalam serangkaian serangan yang dilakukan oleh ISIS semenjak Agustus lalu, di mana mereka telah berhasil menguasai banyak kota, baik di Suriah ataupun di Irak, merupakan sebuah bentuk kejahatan perang dan juga kejahatan terhadap kemanusiaan,” ujar Simonovic.

Ribuan warga Yazidi dikabarkan telah mengungsi dari wilayah mereka karena takut oleh kehadiran ISIS. ISIS juga dilaporkan menggunakan wanita Yazidi sebagai budak seks dan tidak sedikit dari mereka dijual oleh ISIS sebagai budak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5127 seconds (0.1#10.140)