Lawan Ancaman Rusia, Tank Canggih AS Tiba di Latvia

Jum'at, 17 Oktober 2014 - 01:53 WIB
Lawan Ancaman Rusia,...
Lawan Ancaman Rusia, Tank Canggih AS Tiba di Latvia
A A A
RIGA - Sejumlah tank canggih militer Amerika Serikat (AS) tipe Abrams M1A2 telah tiba di Latvia.Kehadiran tank-tank canggih dan beberapa tentara AS itu sebagai bagian dari misi NATO untuk melawan ancaman Rusia terhadap wilayah Baltik.

Tank-tank canggih militer AS tersebut akan ditempatkan di Adazi, tidak jauh dari Ibukota Latvia, Riga. Sekitar 150 tentara AS akan terlibat dalam latihan perang dengan menggunakan tank-tank Abrams.

“Ini lebih dari sekedar misi pelatihan. Ini lebih dari sekedar perjalanan melintasi Atlantik. Ini lebih dari latihan multinasional. Ini adalah bagaimana kami menunjukkan komitmen bangsa kita untuk meyakinkan sekutu NATO kami,” kata Komandan Brigade 1 Divisi Kavaleri 1 AS, John Di Giambattista, seperti dikutip Reuters, semalam.

Latvia,Polandia serta beberapa negara Baltik menyambut pengerahan pasukan dan tank AS itu sebagai pencegah terhadap ancaman yang dirasakan dari Rusia. Ini adalah salah satu penempatan pasukan militer AS terbesar ke negara bekas Uni Soviet.

Martins Liberts, Komandan Brigade Infanteri Latvia, mengatakan, bahwa pengerahan militerAS itu untuk melakukan kerjasama dengan militer Latvia.

”Sejujurnya, sejak kemerdekaan, kami belum memiliki kesempatan untuk bekerja dengan tank AS sebagai sekutu, namun kami akan melakukan itu sekarang. Ini akan menjadi pengalaman yang unik," katanya.

Tank Abrams M1A2 merupakan upgrade dari Abram M1A1, yang digunakan dalam Perang Teluk 1991. Tank canggih ini dipersenjatai dengan meriam M256A1.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3715 seconds (0.1#10.140)