Kemlu Anugerahkan Penghargaan pada Mohammad Hatta

Selasa, 14 Oktober 2014 - 16:55 WIB
Kemlu Anugerahkan Penghargaan pada Mohammad Hatta
Kemlu Anugerahkan Penghargaan pada Mohammad Hatta
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bersama dengan Yayasan Sekar Manggis memberikan penghargaan kepada Mantan Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta, Selasa (14/10/2014).

Penghargaan yang diberikan pada Mohammad Hatta adalah Keunggulan Pahlawan Diplomasi Tahun 2014. Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa sang pahlawan dalam membangun hubungan luar negeri Indonesia dahulu.

Tidak banyak diketahui publik, Hatta sempat menjadi Wakil Presiden yang merangkap menjadi Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan pada tahun 1949.

Bertempat di Gedung Pancsila, komplek perkantoran Kemlu, penghargaan ini diterima oleh anak Hatta, yakni Muetia Hatta yang mewakili keluarganya.

Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa, Hatta merupakan salah satu tokoh penting dalam proses diplomasi hubungan luar negeri saat itu. Hatta merupakan tokoh yang memprakarsai prinsip politik luar negeri Indonesia bebas aktif.

“Prinsip bebas aktif telah melandasi konferensi Asia Afrika, dan menjadi penggerak pembentukan Gerakan Non-Blok, serta berbagai forum terkait yang mengutamakan kemandirian sikap negara-negara berkembang,” ucap Marty dalam sambutannya.

Hatta merupakan tokoh nasional keempat yang mendapat penghargaan ini. Sebelumnya, Adam Malik, Ali Alatas dan Mochtar Kusuma Atmadja telah lebih dahulu mendapat penghargaan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4265 seconds (0.1#10.140)