Donetsk Temukan Bukti Kekejaman Tentara Ukraina

Kamis, 02 Oktober 2014 - 17:46 WIB
Donetsk Temukan Bukti Kekejaman Tentara Ukraina
Donetsk Temukan Bukti Kekejaman Tentara Ukraina
A A A
JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y. Galuzin menyajikan beberapa bukti yang diduga sebagai bentuk kekejaman tentara Ukraina di timur negara tersebut.

“Pemerintah Donetsk dan Lugansk terkejut dengan penemuan 400 jenazah di wilayah yang dikuasai oleh pasukan pemerintah Ukraina ketika peperangan masih berlangsung,” ungkap Galuzin pada Kamis (2/10/2014) di kediamannya di Jakarta.

“Mayat-mayat itu terdiri dari pria dan wanita, tangan mereka diikat oleh seutas tali. Penemuan ratusan mayat tersebut terjadi hanya beberapa saat setelah tentara Ukraina mulai meninggalkan wilayah Ukraina timur, sesuai dengan perjanjian gencatan senjata,” tambahnya.

Menurut Galuzin, penemuan mayat ini juga turut disaksikan oleh para pengamat dari Organiasasi Kerjasaman dan Keamanan Eropa (OSCE). Bukti-bukti tersebut ditunjukan Galuzin melalui sebuah tayangan video, di mana dalam video tersebut nampak tim medis melakukan evakuasi ratusan mayat yang nampaknya dikubur secara hidup-hidup.

Sebelumnya, asisten Sekretaris Jenderal PBB untuk bidang Hak Asasi Manusia, Ivan Simonovic mengatakan, lebih dari 3.000 orang tewas akibat konflik di Ukraina timur. “Korban tewas akibat konflik Ukraina telah mencapai 3.543 orang, termasuk korban pesawat MH17,” ucap Simonovic.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5920 seconds (0.1#10.140)