Rusia: AS Penyebab Munculnya ISIS

Kamis, 02 Oktober 2014 - 15:29 WIB
Rusia: AS Penyebab Munculnya ISIS
Rusia: AS Penyebab Munculnya ISIS
A A A
JAKARTA - Pemerintah Rusia menyalahkan kebijakan Amerika Serikat yang menjadi salah satu faktor penyebab munculnya kelompok negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

"Siapakah ISIS, dan dari manakah mereka berasal?,” ucap Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin, Kamis (2/10/2014), di kediamannya di Jakarta. Menurutnya, Amerika Serikat (AS) yang menjadi salah faktor pernyebab munculnya ISIS di Timur Tengah.

“AS dan sekutunya sedari dahulu, bahkan hingga saat ini terus melakukan pendekatan brutal terhadap beberapa kebijakan di Timur Tengah. Salah satunya adalah dengan terus mendukung pemberontak di Suriah yang melawan Bashar al-Assad,” ucap Galuzin.

“AS terus memberikan pelatihan dan juga senjata kepada pasukan anti-Assad, yang merupakan cikal bakal dari ISIS. AS tidak mengetahui bahwa senjata yang mereka kirimkan amat rawan jatuh ke tangan ISIS, yang saat ini tengah mereka lawan,” ujarnya.

ISIS sendiri saat ini tengah menjadi sasaran utama AS dan sekutunya karena dianggap sudah menjadi ancaman serius bagi keamanan global. AS, melalui koalisi internsional terus membombardir kelompok radikal tersebut, baik di Irak ataupun Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5452 seconds (0.1#10.140)