Rekonsiliasi Palestina Berlanjut

Kamis, 25 September 2014 - 19:42 WIB
Rekonsiliasi Palestina Berlanjut
Rekonsiliasi Palestina Berlanjut
A A A
KAIRO - Upaya Fatah dan Hamas, dua faksi terbesar di Palestina untuk membentuk sebuah pemerintahan tunggal di Palestina tersebut berlanjut. Perwakilan kedua kelompok kembali melakukan pembicaraan rekonsiliasi semalam di Kairo.

“Pembicaraan di Kairo antara dua faksi Palestina yakni Hamas dan Fatah untuk penguatan pemerintah persatuan Palestina berlangsung dalam suasana yang positif,” ungkap Ezzat al-Rishq, seorang pejabat senior Hamas, seperti dilansir Maan News, Kamis (25/9/2014).

Azzam al-Ahmad, kepala delegasi Fatah mengatakan, pembicaraan semalam berfokus pada pengalihan kekuasaan di Gaza, dari Hamas kepada pemerintah persatuan Palestina. “Hal ini diperlukan agar pemerintahan persatuan memiliki wewenang penuh di Gaza,” ungkap al-Ahmad.

Pembicaraan yang dimulai semenjak Rabu tersebut terjadi setelah perbincangan langsung antara Israel dan Palestina digelar di tempat dan hari yang sama. Baik Fatah maupun Hamas mengakui, rekonsiliasi ini sangatlah penting untuk memperkuat posisi Palestina di mata internasional.

Keduanya sepakat, bahwa rekonsiliasi ini akan membawa keuntungan kepada Palestina saat mereka melakukan negoisasi tidak langsung dengan Israel. Namun, baik Hamas dan Fatah belum angkat bicara kapan pembicaraan rekonsiliasi lanjutan akan digelar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3112 seconds (0.1#10.140)