Bahas Perdamaian Ukraina, Poroshenko Temui Obama

Kamis, 18 September 2014 - 22:11 WIB
Bahas Perdamaian Ukraina,...
Bahas Perdamaian Ukraina, Poroshenko Temui Obama
A A A
KIEV - Ukraina dilaporkan terus mencari dukungan guna memperkokoh gencatan senjata di wilayah mereka. Gencatan senjata menjadi satu-satunya harapan untuk kembali mengembalikan kedamaian dan stabilitas ke wilayah Ukraina.

Melansir Channel News Asia, Kamis (18/9/2014), presiden Ukraina, Petro Poroshenko dikabarkan akan bertolak menuju Washington untuk menemui presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama guna membahas hal ini.

Pertemuan ini terjadi di tengah semakin terangnya harapan Ukraina setelah Rusia menyatakan dukungan terhadap pembentukan wilayah otonomi yang sedang dibahas Ukrain. Otonomi akan membuat Dontesk, Lugansk dan beberapa wilayah lainnya memiliki kekuasaan penuh untuk mengurusi wilayah mereka masing-masing.

"Semua ini (status otonomi) merupakan dasar untuk peluncuran proses konstitusional substansial di Ukraina dan merupakan awal dari proses dialog dengan tujuan untuk memfasilitasi rekonsiliasi nasional dan kesepakatan di negara ini," kata kementerian luar negeri Rusia dalam sebuah pernyataan.

Parlemen Ukriana sendiri dikabarkan telah menyetujui rencana pemberian status otonomi terhadap wilayah di Ukraiana timur. Kini, parleman sedang membahas bagaimana aturan main yang akan diimplemtasikan di wilayah Ukraina timur kelak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0740 seconds (0.1#10.140)