PBB: Kondisi Gaza Seperti Diterjang Tsunami

Sabtu, 13 September 2014 - 15:30 WIB
PBB: Kondisi Gaza Seperti Diterjang Tsunami
PBB: Kondisi Gaza Seperti Diterjang Tsunami
A A A
BETLEHEM - Seorang pejabat PBB yang mengunjungi Jalur Gaza mengibaratkan kondisi wilayah Palestina yang dibombardir Israel seperti diterjang tsunami. Krisis kemanusiaan sedang terjadi di wilayah Palestina itu.

Hania Dakkak, penasihat teknis PBB untuk Dana Kependudukan (UNFPA) mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kerusakan terjadi di seluruh daerah pantai Gaza. ”Sepertinya tsunami telah menerjang, karena tingkat kehancurannya parah,” kata Dakkak.

Menurutnya, Gaza membutuhkan waktu 15 tahun lagi untuk rekonstruksi, sebelum kehidupan di sana dapat kembali normal. Pemulihan di Gaza juga termasuk penyembuhan trauma psikologis yang dialami sekitar 1,8 juta orang yang tinggal di Jalur Gaza. (Baca:PBB: Gaza Hancur Besar-besaran)

”Dalam setiap wilayah konflik, minimal 10 persen dari populasi berakhir dengan masalah psikologis yang memerlukan pengobatan jangka panjang dan perlu tindak lanjut,” ujar Dakkak seperti dilansir kantor berita Ma’an, Jumat (12/9/2014).

Selain merehabilitasi sejumlah pusat kesehatan yang hancur selama serangan Israel terbaru, UNFPA juga berharap ada penerapan program yang memberikan pelayanan kesehatan reproduksi, dukungan psikososial bagi perempuan dan anak-anak, dan bantuan kemanusiaan untuk keluarga di tempat pengungsian.

PBB, pada akhir Agustus lalu melansir data bahwa setidaknya 373 ribu anak-anak di Gaza membutuhkan dukungan psikologis intens dan khusus setelah perang antara Hamas dan Israel berlangsung tujuh minggu. Sedangkan sisa dari populasi di Gaza membutuhkan konseling umum untuk menangani trauma.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6757 seconds (0.1#10.140)