Rusia Tegaskan Tak Terlibat Tragedi MH17

Rabu, 03 September 2014 - 16:10 WIB
Rusia Tegaskan Tak Terlibat Tragedi MH17
Rusia Tegaskan Tak Terlibat Tragedi MH17
A A A
JAKARTA - Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Mikhael Y Galuzin, pada Rabu (3/9/2014), menegaskan bahwa negaranya tidak terlibat dalam tragedi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Penegasan itu sebagai respons atas sikap negara-negara Barat yang menuduh Rusia dalang di balik jatuhnya pesawat MH17.

"Tidak ada satupun bukti yang menunjukkan bahwa Rusia terlibat dalam insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 di Ukraina timur,” ucap Galuzin saat ditemui Sindonews, di kediamannya, di Jakarta.

Menurutnya, Rusia adalah negara pertama yang mengusulkan dilakukannya investigasi secara transparan dan menyeluruh terhadap jatuhnya pesawat itu. Dia justru mempertanyakan laporan hasil investigasi tersebut, yang hingga saat ini belum diterbitkan.

"Hingga saat ini belum ada lagi informasi lanjutan mengenai hasil investigasi MH17," katanya. Diplomat Rusia itu menyebut investigasi itu mengalami keheningan yang mendalam.

Ditanya terkait tragedi MH17 dengan rencana embargo yang dijatuhkan negara-negara Barat pada Rusia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2018, Galuzin menegaskan, tragedi MH17 tidak ada kaitannya dengan pagelaran Piala Dunia. “Pihak yang mengajukan ide tersebut adalah pihak-pihak tidak bertanggung jawab,” ujarnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7322 seconds (0.1#10.140)
pixels