Vatikan: Ekonomi, Alasan Anak Muda Gabung ISIS

Minggu, 24 Agustus 2014 - 11:03 WIB
Vatikan: Ekonomi, Alasan...
Vatikan: Ekonomi, Alasan Anak Muda Gabung ISIS
A A A
ALEPPO - Seorang utusan Vatikan untuk Suriah menyatakan, ideologi bukanlah satu-satunya alasan anak muda Suriah bergabung dengan ISIS. Menurut Mario Zenari, alasan ekonomi menjadi salah satu faktor anak muda Suriah bergabung dengan ISIS.

“Anak-anak muda Suriah tertarik untuk bergabung dengan ISIS karena kurang prospek untuk mencari pekerjaan di Suriah. Iming-iming bayaran yang cukup besar, pada akhirnya membuat mereka tertarik, selain kepada alasan ideologi,” ucap Zenari.

Melansir Al Arabiya, Minggu (24/8/2014), Zenari menyoroti situasi di Suriah yang tidak kunjung membaik, yang membuat ekonomi di negara itu tidak stabil. “Mereka frustasi melihat kondisi di negara mereka yang tidak membaik, bahwa situasi di negara mereka seperti menemui jalan buntu,” Zenari menambahkan.

Zenari yang memang ditempatkan oleh Vatikan di Suriah semenjak berkecamuknya perang, mengkhawatirkan peningkatan yang signifikan jumlah anak-anak muda Suriah yang gabung ke ISIS. Dirinya menambahkan, hal ini harus menjadi sinyal kepada Barat bahwa kekuatan ISIS sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata.

Wakil Vatikan itu juga menyayangkan sikap dunia internasional terhadap Suriah, dimana menurut data PBB setidaknya sudah 191 ribu orang tewas akibat perang yang berkecamuk di negara itu. “Suriah telah menghilang dari radar, dunia internasional telah melupakan Suriah,” kata Zenari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)