Ferguson Kian Memanas, Garda Nasional Diturunkan

Senin, 18 Agustus 2014 - 18:40 WIB
Ferguson Kian Memanas, Garda Nasional Diturunkan
Ferguson Kian Memanas, Garda Nasional Diturunkan
A A A
FERGUSON - Situasi yang semakin memanas di Ferguson, Missourri, Amerika Serikat (AS) membuat pemerintah setempat kewalahan. Otoritas setempat dikabarkan meminta bantuan kepada Garda Nasional AS untuk membantu menghalau para demonstran.

Melansir BBC, Senin (18/8/2014), gubernur Missouri, Jay Nixon dilaporkan telah menandatangani sebuah perintah kepada Garda Nasional. “Garda Nasional diturunkan untuk membantu memulihkan perdamaian dan ketertiban dan untuk melindungi warga Ferguson,” ungkap Nixon.

Keputusan ini diambil setelah bentrokan kembali terjadi antara polisi dan para demonstran. Aksi yang mayoritas dilakukan oleh warga kulit hitam ini ditujukan untuk meminta keadilan atas insiden penembakan seorang pemuda kulit hitam, Michael Brown oleh polisi Ferguson. (Baca:Ferguson Terus Memanas, Polisi AS dan Demonstran Bentrok)

Brown ditembak mati oleh polisi AS pada 9 Agustus 2014, ketika sedang menuju ke rumah neneknya. Penembakan itu janggal, sebab Brown tidak menggunakan senjata apa pun. Polisi berkilah penembakan itu terjadi setelah Brown bertengkar dengan seorang polisi.Garda Nasional sendiri merupakan kekuatan militer cadangan yang dimiliki oleh pemerintah AS.

Pasukan ini biasanya diturunkan ketika negara dalam kondisi darurat. Pemerintah Ferguson sendiri telah mengumumkan kondisi darurat semenjak akhir pekan lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6563 seconds (0.1#10.140)