Marty: Dukung Palestina, RI Tak Cuma Retorika!

Selasa, 12 Agustus 2014 - 17:53 WIB
Marty: Dukung Palestina, RI Tak Cuma Retorika!
Marty: Dukung Palestina, RI Tak Cuma Retorika!
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa menegaskan dukungan Indonesia terhadap Palestina yang berkonflik dengan Israel. Marty mengatakan, dukungan Indonesia nyata, bukan sekadar basa-basi.

Menurutnya, Indonesia dan Jepang telah melakukan langkah nyata dalam membantu Palestina. “Indonesia dan Jepang tidak hanya beretorika, dengan menyerukan gecatan senjata. Tapi memberikan wujud nyata bagi pembangunan di Palestina,” ujar Marty dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang, Fumio Kishida di Gedung Pancasila, Jakarta, Selasa (12/8/2014).

“Anda juga lihat sendiri, beberapa waktu lalu di sini ada forum CEAPAD, di mana Indonesia dan Jepang aktif mendorong negara-negara Asia Timur untuk menggalang dana bagi pembangunan Palestina,” lanjut Marty.

Forum CEAPAD II atau Second Conference among East Asian Countries for Palestinian Development II digelar di Jakarta, pada 1 Maret 2014 lalu. Dalam konferensi itu, Indonesia dan negara-negara Asia sepakat memberikan bantuan nyata kepada Palestina.

Jepang saat itu telah berkomitmen memberi bantuan dana kepada Palestina sebesar USD200 juta secara bertahap. Tahap pertama, Jepang menyalurkan USD62 juta, kemudian USD30 juta dalam bantuan keuangan kepada pemerintah Palestina, dan sisanya untuk pembangunan infrastuktur.

Sementara Indonesia memberikan bantuan berupa pelatihan kepada 1.257 orang Palestina, yang diharapkan dapat memperkuat sumber daya manusia (SDM) di negara tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4762 seconds (0.1#10.140)