Rusia: Kami Siap Bantu Ukraina

Rabu, 06 Agustus 2014 - 17:11 WIB
Rusia: Kami Siap Bantu...
Rusia: Kami Siap Bantu Ukraina
A A A
NEW YORK - Duta Besar Rusia untuk PBB, Vitaly Churkin, menegaskan bahwa negaranya akan selalu siap membantu tetangga mereka, Ukraina. Pernyataan ini disampaikan saat pertemuan darurat Dewan Kemanan (DK) PBB semalam.

Melansir Xinhua, Rabu (6/8/2014), Churkin menyatakan menurut data yang saat ini ia miliki, situasi di Ukraina timur sangatlah memprihatinkan. Dirinya menyatakan perlunya koridor kemanusian untuk membantuk warga di wilayah itu.

“Ada sebuah situasi kritis di Lugansk. Tidak ada listrk, tidak ada air, penembakan terus terjadi setiap harinya. Komunikasi sangat sulit di wilayah itu, bahkan limbah-limbahpun tidak pernah dibersihkan,” ungkap Churkin.

Politisi senior Rusia itu menyatakan, bahwa Rusia telah berkali-kali melakukan pendekatan kepada Ukraina agar mau mendirikan koridor kemanusiaan di Ukraina timur. Tetapi, menurut Churkin pemerintah Ukraina selalu menolak usulan tersebut.

Churkin menyebut saat ini Rusia siap memberikan bantuan kepada masyarakat di Ukraina timur, walaupun Kiev tidak memerikan izin. “Negara kami (Rusia) siap menanggung beban ini, dan akan memberikan bantuan kepada warga di Ukraina timur,” ucapnya.

"Kami ingin mengirim konvoi bantuan kemanusiaan dengan pantauan langsung dari Palang Merah Internasional. Kami akan melakukan segalanya secara transparan,” Churkin menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0832 seconds (0.1#10.140)