Akan Terjadi Eksodus Besar-besaran dari Ukraina

Rabu, 06 Agustus 2014 - 12:11 WIB
Akan Terjadi Eksodus...
Akan Terjadi Eksodus Besar-besaran dari Ukraina
A A A
KIEV - Krisis yang terjadi di Ukraina timur menimbulkan penderitaan bagi warga sipil di daerah tersebut. PBB memperingatkan akan terjadinya eksodus besar-besaran dari wilayah Ukraina timur menuju negara-negara sekitar Ukraina, khususnya Rusia.

Melansir Al Jazeera, Rabu (6/8/2014), setidaknya sudah lebih dari 100 ribu orang mengungsi akibat konflik yang terjadi di Ukraina timur. Menurut badan PBB untuk pengungsi, UNHCR, berdasarkan data dari pemerintah Ukraina sekitar 110 ribu orang yang meinggalkan Ukraina timur.

Angka tersebut merupakan jumlah pengungsi yang meninggalkan Ukraina dalam beberapa pekan terakhir. UNHCR juga menyatakan, hingga pertengahan tahun ini, sudah lebih dari 700 ribu orang yang mengungsi dari Ukraina dan menuju Rusia.

"Menurut pihak berwenang Rusia, dan kami percaya jumlanya kredibel, ada sekitar 730.000 warga Ukraina yang telah menyeberang ke Rusia sejak awal tahun," ungkap Vincent Cochetel, Kepala Biro UNHCR di Eropa.

UNHCR memprediksi jumlah ini akan terus meningkat setiap harinya, bahkan bisa terjadi perpindahan besar-besaran secara mendadak mengingat pertempuran masih terjadi di wilayah tersebut. Rakyat Ukraina timur diketahui memang lebih pro terhadap Rusia, hal itu karena banyak dari mereka yang lebih memilih untuk pergi ke Rusia, ketimbang mengungsi ke Kiev.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0279 seconds (0.1#10.140)