Rusia: UE Terapkan Standar Ganda

Minggu, 03 Agustus 2014 - 14:51 WIB
Rusia: UE Terapkan Standar Ganda
Rusia: UE Terapkan Standar Ganda
A A A
MOSKOW - Rusia menuduh Uni Eropa (UE) memiliki standar ganda dalam mempraktekan aturan mereka. Hal ini diutarakan Rusia, setelah diam-diam UE menghapus pembatasan ekspor senjata dan teknologi militer kepada Ukraina.

“UE telah diam-diam setuju untuk menghapus pembatasan ekspor teknologi militer dan peralatan kepada Kiev yang dapat digunakan untuk melakukan penindasan terhadap warga mereka sendiri,” ungkap Kementerian Luar Negeri Rusia.

Melansir Itar-tas, Minggu (3/8/2014), Rusia menyatakan, UE telah melanggar aturan yang mereka buat sendiri. Tahun 2008, UE telah menyetujui sebuah yang aturan untuk membatasi ekspor senjata dan teknologi militer.

Dalam aturan tersebut, UE menyerukan pada negara-negara anggotanya untuk menghentikan pemberian izin ekspor peralatan militer dan teknologi yang dapat memprovokasi atau memperpanjang konflik.

"Keputusan untuk membatasi pasokan amunisi dan persenjataan ke Ukraina seharusnya diperkenalkan setelah peluncuran yang disebut 'operasi anti-teroris' di Donbas dan Lugansk. Belum terlambat untuk mengembalikan larangan tersebut," ucap kementerian itu.

Rusia secara tegas meminta kepada para Kepala Negara anggota UE untuk menggunakan logika mereka, bukan dorongan yang terus dilakukan oleh pihak Amerika Serikat untuk mengambil sebuah keputusan.

Pembatasan senjata dijatuhkan oleh Dewan UE kepada Ukraina pada bulan Februari, ketika era Viktor Yanukovich berkuasa. Saat itu konflik di Ukraina dimulai dengan banyaknya demonstrasi berdarah yang menuntut mundur Yanukovich.

Rusia juga bertanya-tanya, mengapa di era Yanukovich, UE menerapkan aturan ini, sedangkan di era Petro Poroshenko UE tidak menerapkan aturan ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.3454 seconds (0.1#10.140)