AS: Rusia Serang Ukraina

Jum'at, 25 Juli 2014 - 16:48 WIB
AS: Rusia Serang Ukraina
AS: Rusia Serang Ukraina
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengaku telah memiliki bukti keterlibatan Rusia dalam krisis Ukraina. Menurut bukti yang mereka dapatkan, nampak militer Rusia melakukan penembakan artileri berat ke wilayah Ukraina.

Melansir Channel News Asia, Jumat (25/7/2014), para pejabat AS menyebut tindakan Rusia ini sebagai eskalasi yang jelas. Mereka juga menyatakan memiliki bukti Rusia mengirimkan senjata berat kepada separatis di timur Ukraina.

“Mereka melalakukan penembakan dengan artileri berat dari dalam wilayah mereka untuk menyerang pasukan Ukraina,” ungkap wakil juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf melalui sebuah pernyataan.

“Berdasarkan data inteilijen yang kami miliki, Rusia juga berencana untuk mengirimkan lebih banyak peluncur roket yang lebih kuat kepada pihak separatis di timur Ukraina,” Harf menambahkan. Namun, dia menolak membeberkan bukti yang dimaksud. “Rincian akan diberikan lebih lanjut,” ungkapnya.

AS masih mencari bukti keterlibatan Rusia terhadap penembakan dua pesawat militer Ukraina kemarin siang, Ukraina sendiri sedari awal menduga pesawat mereka jatuh karean rudal yang ditembakan dari wilayah Rusia. (Baca:Rudal Rusia Tembak Jatuh 2 Jet Tempur Ukraina)

Juru bicara Pentagon, Kolonel Steven Warren bahkan berani menyatakan Rusia sudah berhari-hari melakukan penembakan terhadap pasukan Ukraina yang ada di wilayah timur. Namun, lagi-lagi mereka tidak bersedia membeberkan bukti terkait pernyataan mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5748 seconds (0.1#10.140)