Jose dos Santos, Pria Tertua di Dunia

Rabu, 16 Juli 2014 - 19:41 WIB
Jose dos Santos, Pria Tertua di Dunia
Jose dos Santos, Pria Tertua di Dunia
A A A
BRAZIL - Pemilik nama lengkap Jose Aguinelo dos Santos ini didapuk menjadi orang paling tua di dunia, yang pernah didokumentasikan. Dalam akte kelahiran yang baru didapat, menunjukkan bahwa dia kini berusia 126 tahun.

Melansir Mirror, Jose lahir pada tanggal 7 Juli 1888, atau dua bulan setelah perbudakan dihapus di Brazil. Walaupun berusia sangat renta, pria yang belum menikah dan tidak memiliki anak ini masih terliah segar bugar.

Bila dibandingkan dengan kejadian-kejadian penting dunia, saat perang dunia pertama pecah Jose sudah menginjak usia 26 tahun, dan dia sudah menjadi seorang pensiunan saat Ratu Elizabeth II naik tahta di Inggris.

Mariana Silva, psikolog di rumah Vila Vicentina, menyatakan kekagumannya pada Jose. Menurut Silva, Jose tidak memiliki masalah kesehatan dan sangat jelas ia masih segar hingga saat ini. “Dia suka menghibur masyarakat sekitar dengan leluconnya,” ucap Silva.

Jose sendiri yang kerap dimintai resep mengenai umur panjang mengaku tidak memiliki resep apapun. “Faktanya setiap orang pasti akan bertambah tua, Anda hanya perlu menikmati setiap prosesnya,” ungkap Jose.

Namun, pemerintah Brazil masih mencoba melakukan penelitian lebih lanjut mengenai kebenaran usia Jose. “Hal ini sangat penting. Kami percaya orang tertua di dunia hidup di sini bersama kami,” ungkap presiden rumah jompo Brazil, Jose Roberto Pires.

Jose lebih tua 10 tahu dari Jiroemon Kimura asal Jepang yang ditasbihkan sebagai orang paling tua sebelumnya. Kimura sendiri sudah meninggal tahun lalu di usia 116 tahun dan 55 hari.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5126 seconds (0.1#10.140)