Merkel: AS Jangan Mata-matai Teman

Minggu, 13 Juli 2014 - 15:11 WIB
Merkel: AS Jangan Mata-matai...
Merkel: AS Jangan Mata-matai Teman
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman, Anggela Merkel menyerukan kepada pihak Amerika Serikat (AS) untuk tidak memata-matai rekan sendiri. Dirinya sendiri hingga saat ini masih melakukan pembicaraan dengan AS, agar hal semacam ini tidak terulang.

Melansir AL Jazeera, Minggu (13/7/2014), dalam wawancara bersama salah satu televisi setempat, Merkel mengaku masih marah atas tindakan yang dilakukan oleh intelijen AS. Dia menegaskan, ada perbedaan pandangan antara kedua negara mengenai intelijen.

"Ini bukan hanya tentang betapa marahnya saya. Bagi saya itu adalah tanda, bahwa kita (AS dan Jeman) memiliki konsepsi yang berbeda secara mendasar mengenai pekerjaan intelijen,” ungkap Merkel.

"Saya tidak bisa mengatakan di muka, jika (langkah-langkah yang diambil) akan memiliki efek langsung, tentu saja saya berharap sesuatu akan berubah. Tapi, yang penting adalah cara pandang kita dalam melihat sesuatu hal, dan apa yang dilakukan AS bukanlah sebuah bentuk kerjasama yang baik,” ucap Merkel.

“Ada hal yang lebih penting yang bisa dikerjakan selain mengintip dan menguping dari teman sendiri. Hal itu bisa membuat krisis kepercayaan dalam hal kemitraan,” Merkel menambahkan.

Dia menyatakan, saat ini dunia bukan lagi dalam masa perang dingin, di mana setiap negara mencoba untuk saling memata-matai. “Saat ini kita harus berkosentrasi pada hal yang lebih penting, bukan melakukan hal semacam ini,” ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9937 seconds (0.1#10.140)