AS Siap Fasilitasi Gencatan Senjata di Gaza

Jum'at, 11 Juli 2014 - 08:54 WIB
AS Siap Fasilitasi Gencatan Senjata di Gaza
AS Siap Fasilitasi Gencatan Senjata di Gaza
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menelepon Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, setelah Israel menyatakan siap melakukan perang darat di Jalur Gaza.

Obama mencoba meredam ketegangan, dengan menyatakan siap untuk memfasilitasi gencatan senjata antara Hamas dan Israel. (Baca: Invasi Israel Tak Berhenti, Sudah 88 Warga Palestina Tewas)

”Amerika Serikat tetap siap untuk memfasilitasi penghentian permusuhan, termasuk mengembalikan kesepakatan gencatan senjata yang sudah dimulai sejak November 2012,” kata pihak Gedung Putih, mengutip isi pembicaraan Obama dengan Netanyahu yang berlangsung Kamis petang.

Kesepakatan gencatan senjata pada 2012 dimediasikan oleh oleh mantan Menteri Luar Negeri AS, Hillary Clinton dan pemerintah Mesir. Gencatan senjata itu disepakati setelah Hamas dan Israel terlibat perang selama delapan hari.

”Presiden (Obama) menyatakan keprihatinan tentang risiko eskalasi lebih lanjut, dan menekankan perlunya semua pihak untuk melakukan segala sesuatu yang mereka bisa guna melindungi kehidupan warga sipil dan memulihkan ketenangan,” lanjut pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip AP, Jumat (11/7/2014).

Obama juga mengatakan kepada Netanyahu, bahwa ia memahami hak Israel untuk membela diri. Obama juga mengutuk serangan roket Hamas dan kelompok militan lainya yang ditembakkan dari wilayah Gaza ke Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6253 seconds (0.1#10.140)