Kapal Perang AS Masuk Laut Hitam, Diledek Rusia

Selasa, 08 Juli 2014 - 08:35 WIB
Kapal Perang AS Masuk Laut Hitam, Diledek Rusia
Kapal Perang AS Masuk Laut Hitam, Diledek Rusia
A A A
MOSKOW - Ketegangan di Laut Hitam semakin meningkat setelah kapal perang USS Vella Gulf milik Amerika Serikat (AS) memasuki kawasan itu. Kapal perang Vella Gulf kini bergabung dengan enam kapal perang milik sekutu NATO lainnya untuk bermanuver.

Sementara itu, Rusia yang sejak awal tidak suka dengan pengerahan kekuatan NATO di Eropa timur, mengolok-olok bergabungnya kapal perang AS di Laut Hitam. Ketegangan NATO dan Rusia di Laut Hitam dipicu oleh krisis Ukraina, di mana NATO mendukung Ukraina untuk melawan Rusia.

”Pada sekitar pukul 18.20 waktu setempat, (kapal) USS Vella Gulf melewati selat dan memasuki Laut Hitam,” kata seorang sumber di Staf Utama Angkatan Laut Rusia kepada Itar-Tass.”Jumlah kapal NATO di Laut Hitam telah demikian meningkat menjadi tujuh.”

Alasan bergabungnya kapal perang AS dengan kemampuan rudal penjelajahnya itu masuk Laut Hitam, lanjut sumber itu, untuk berpartisipasi dalam latihan perang besar-besaran Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Pejabat Angkatan Laut Rusia yang berbicara dalam kondisi anonim, mengaku tidak gentar dengan tujuh kapal perang NATO. Pejabat itu justru mengolok-olok bergabungnya kapal perang AS bersama NATO.”Ini seperti menempatkan kuda dan rusa ke keranjang yang sama,” ledek pejabat itu, seperti dikutip Russia Today, semalam (7/7/2014).

Kapal perang USS Vella Gulf memiliki panjang 173 meter dan mampu membawa sampai 400 awak kapal, yang mampu beroperasi tempur secara berkelanjutan. Kapal itu dilengkapi empat mesin turbin gas yang kuat, yang dapat menambah kecepatan lebih dari 30 knot.

Kapal itu juga dikenal dilengkapi berbagai senjata canggih seperti rudal jelajah Tomahawk, torpedo, sistem senjata Phalanx Close-in dan aneka senjata canggih lain.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5558 seconds (0.1#10.140)