Partai Kalah Pemilu, PM Senegal Dipecat

Sabtu, 05 Juli 2014 - 09:24 WIB
Partai Kalah Pemilu, PM Senegal Dipecat
Partai Kalah Pemilu, PM Senegal Dipecat
A A A
DAKAR - Perdana Menteri (PM) Senegal, Aminata Toure, dipecat setelah patainya keok dalam Pemilu yang digelar hari Minggu lalu. Dia dipecat dengan tuduhan tidak becus, sehingga membuat perolehan suara untuk partainya jeblok.

Para pejabat setempat mengatakan Presiden Senegal, Macky Sall telah meminta Toure untuk mundur, setelah kurang dari setahun dia menjabat sebagai PM Senegal.

Hasil Pemilu menunjukkan Partai Republik (APR) yang merupakan partai pengusung Toure mengalami kekalahan di sejumlah kota utama di Senegal. Ketidakpuasan rakyat terhadap kebijakan ekonomi Toure telah bedampak pada memburuknya citra partai.

”Dia dipecat. Ia tidak lagi perdana menteri,” kata seorang sumber yang dekat dengan presiden, seperti dikutip kantor berita Reuters, Sabtu (5/7/2014).

Sementara itu, Senegal Press Agency melaporkan, bahwa Toure telah meninggalkan kantor pemerintah. Hengkangnya Toure, membuka jalan bagi Presiden Sall untuk mempercepat proses reformasi, dengan tujuan untuk menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan.

Pada Pemilu Presiden bulan Maret 2012, Sall mengalahkan rivalnya Abdoulaye Wade, yang telah menjadi presiden selama 12 tahun. Dia menang dengan mengusung janji mengatasi kemiskinan dan korupsi.

Senegal selama ini dipandang sebagai mercusuar demokrasi di Afrika Barat, menjadi satu-satunya negara di kawasan itu yang tidak pernah memiliki catatan sejarah kudeta militer.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5232 seconds (0.1#10.140)