Irak Minta Rusia Pasok Jet Tempur Tambahan

Senin, 30 Juni 2014 - 18:31 WIB
Irak Minta Rusia Pasok Jet Tempur Tambahan
Irak Minta Rusia Pasok Jet Tempur Tambahan
A A A
BAGHDAD - Irak dikabarkan meminta Rusia untuk segera memasok jet tempur terbaru kepada mereka. Permintaan ini muncul setelah adanya keterlambatan pengiriman pesawat tempur yang telah dipesan Irak dari Amerika Serikat (AS).

Melansir Itar-tas, Senin (30/6/2014), sebelumnya Rusia telah mengirimkan lima jet tempur Sukhoi mereka untuk memperkuat armada udara Irak. Kali ini Irak meminta Rusia untuk mengirimkan pesawat tipe Su-25 (Frogfoot) untuk menambal keterlambatan pengiriman pesawat dari AS.

“Kementerian Pertahanan Irak telah meminta pengiriman pesawat Rusia atas kebutuhan mendesak untuk segera meningkatkan kesiapan tempur tentara Irak dalam memerangi militan,” ungkap pihak militer Irak dalam kondisi anonim.

Perdana Menteri Irak, Nouri al-Maliki, sebelumnya mengatakan, bahwa pihak Irak telah tertipu ketika menandatangani kontrak dengan AS ketika membeli pesawat temput F-16. Karenanya, Maliki juga sedang mempertimbangkan untuk membeli pesawat dari negara lain.

"Kita harus berusaha untuk membeli jet tempur dari negara lain, seperti Inggris, Perancis dan Rusia untuk mengamankan perlindungan udara bagi pasukan kita. Jika kita memiliki perlindungan udara, kita akan dapat menghindari serangan lanjuran dari militan," ungkap Maliki.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7287 seconds (0.1#10.140)