Dibaiat Jadi Khalifah Islam Sedunia, Ini Sosok al-Baghdadi

Senin, 30 Juni 2014 - 12:01 WIB
Dibaiat Jadi Khalifah Islam Sedunia, Ini Sosok al-Baghdadi
Dibaiat Jadi Khalifah Islam Sedunia, Ini Sosok al-Baghdadi
A A A
BAGHDAD - Kelompok Negara Islam dan Suriah (ISIS) membuat heboh dunia dengan memproklamirkan Abu Bakar al-Baghdadi sebagai Khalifah Islam Sedunia. ISIS, dalam memproklamirkan khalifah baru Islam itu menyatakan semua umat Islam wajib tunduk pada khalifah yang mereka angkat.

Siapa sebenarnya Abu Bakar al-Baghdadi?. Sindonews, pada Senin (30/6/2014) merangkum data diri al-Baghdadi dari beragam sumber. Al-Baghdadi, yang dengan nama alias Abu Duaa, merupakan buronan utama Amerika Serikat (AS). (Baca: ISIS Proklamirkan Khalifah Baru Muslim Sejagad)

Bahkan AS pernah menjanjikan hadiah sebesar USD10 juta atau sekitar Rp121,6 miliar bagi siapa pun yang bisa menunjukkan keberadaan pemimpin ISIS itu. Al-Baghdadi sebenarnya bernama asli Ibrahim al Badri.

Karakternya berubah menjadi radikal ketika ditahan pasukan AS di Kamp Bucca pada 2005. Ciri fisiknya adalah bertubuh tegap. Sepak terjangnya telah dipantau intelijen AS atau CIA. Dalam sebuah rekaman, dia pernah sesumbar akan mengguncang jantung wilayah AS dengan aksi teror.

ISIS yang disebut-sebut sebagai afiliasi al-Qaeda, juga menempatkan sosok al-Baghdadi di bawah Osama bin Laden—pendiri al-Qaeda yang dibunuh di Afghanistan oleh pasukan khusus AS.

Namun, pengamat politik Emirat, Abdulkhaleq Abdullah, meremehkan kemampuan al-Baghdadi. ”Mungkin terdengar baik untuk beberapa kalangan yang selalu memiliki mimpi adanya negara Islam semacam ini, tapi kita semua tahu bahwa ini Baghdadi, ISIS bukan entitas yang bisa membawa kembali kekhalifahan atau dinasti Islam,” ujarnya, seperti dikutip Reuters.

”Orang ini (Baghdadi) tidak memiliki sedikit pun dari kredibilitas dan kepercayaan seperti yang dimiliki (Osama) bin Laden,” lanjut dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ISIS memproklamirkan al-Baghadadi sebagai khalifah Islam sedunia. ”(Sebagai) pemimpin bagi umat Islam di mana-mana,” kata juru bicara ISIS atau (Negara Islam Irak dan Levant) ISIL, Abu Muhammad al-Adnani, dalam sebuah rekaman audio yang didistribusikan secara online.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6896 seconds (0.1#10.140)