ISIS Proklamirkan Khalifah Baru Muslim Sejagad

Senin, 30 Juni 2014 - 07:58 WIB
ISIS Proklamirkan Khalifah Baru Muslim Sejagad
ISIS Proklamirkan Khalifah Baru Muslim Sejagad
A A A
BAGHDAD - Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) memproklamirkan dinasti baru yang mereka klaim sebagai khilafah saat Ramadan. Mereka memproklamirkan khalifah baru untuk umat Muslim di seluruh dunia yang wajib ditaati.

Khalifah baru untuk umat Muslim sedunia yang diproklamirkan ISIS adalah Abu Bakar al-Baghdadi. ”(Sebagai) pemimpin bagi umat Islam di mana-mana,” kata juru bicara ISIS atau (Negara Islam Irak dan Levant) ISIL, Abu Muhammad al-Adnani, dalam sebuah rekaman audio yang didistribusikan secara online.

Khilafah adalah sebuah dinasti untuk melegitimasi kekuasaan, baik secara politik maupun agama. Sedangkan khalifah adalah pemimpin dari dinasti tersebut.

Khilafah terakhir yang diakui umat Muslim sedunia adalah Khilafah Utsmani. Khilafah itu berakhir sekitar 100 tahun atau seabad lalu.

“(Dewan) Syura dari Negar Islam bertemu dan membahas masalah ini (kekhalifahan). Negara Islam memutuskan untuk mendirikan negara Islam dan menunjuk khalifah untuk negara kaum Muslimin,” kata al-Adnani.

”Pemimpin jihad Baghdadi ditunjuk sebagai khalifah kaum Muslimin,” lanjut dia. “Baghdadi telah menerima sumpah setia, dan dengan demikian dia telah menjadi pemimpin bagi umat Islam di mana-mana.”

”Kata-kata 'Irak' dan 'Levant' telah dihapus dari nama Negara Islam, “ kata al-Adnani, seperti dikutip news.com.auSenin (30/6/2014). Dia mengklaim khalifah baru itu mewujudkan mimpi umat Islam dan harapan semua jihadis.

Istilah khalifah muncul setelah wafatnya Nabi Muhammad. Khilafah Islam disebut pernah mengalami zaman keemasan pada Dinasti Umayyah tahun 661-750. Serta khilafah Abbasiyah tahun 750-1517. Sedangkan khilafah terakhir adalah khilafah Ottoman yang runtuh tahun 1924.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6842 seconds (0.1#10.140)