Tsunami Landa Alaska usai Dihajar Gempa Besar 2 Kali

Selasa, 24 Juni 2014 - 10:43 WIB
Tsunami Landa Alaska usai Dihajar Gempa Besar 2 Kali
Tsunami Landa Alaska usai Dihajar Gempa Besar 2 Kali
A A A
ADAK - Setelah muncul peringatan dini, tsunami akhirnya melanda wilayah pesisir Adak, Alaska. Namun, tsunami yang terpantau baru setinggi sekitar 18 cm, pada Selasa (24/6/2014).

Warga Kota Adak, yang ketakutan telah berkumpul di bukit di kepulauan Aleutian, Alaska. Tidak hanya tsunami yang membuat mereka waswas, namun gempa besar berkekuatan 7,9 SR (versi lain 8,0 SR) telah terjadi dua kali. (Baca: Gempa Besar Guncang Alaska dan Berpotensi Tsunami)

Kedua gempa besar, menurut warga Adak terjadi di daerah terpencil. Tidak hanya wilayah Alaska, gempa berkekuatan nyaris sama juga dirasakan warga di Raul Island, sebelah utara Selandia Baru. Namun, tidak ada peringatan tsunami untuk wilayah Selandia Baru.

“Sekitar 322 kilometer di sebelah barat Kota Aleutian, dari Adak, gelombang tsunami sekitar 18 sentimeter dilaporkan di Amchitka Island,” kata kata Jeremy Zidek, juru bicara Manajemen Daurat Departemen Keamanan Alaska.

”Kami melihat air meninggalkan teluk kita, sehingga kita semua dievakuasi,” kata pemimpin Kota Layton Lockett kepada Associated Press melalui telepon saat menuju pusat pengungsian untuk bergabung dengan 300 warga.

Menurutnya, belum ada laporan kerusakan. Pihak berwenang juga sudah mengumumkan kepada masyarakat di pesisir terkait potensi tsunami agar menjauh dari kawasan pantai.

Natasha Ruppert, seorang seismolog di Alasakan mengatakan, kemungkinan masyarakat belum keluar dari wilayah pesisir karena belum melihat tanda-tanda kerusakan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6276 seconds (0.1#10.140)