Presiden Lithuania: Putin, Stalin dan Hitler Sama

Senin, 23 Juni 2014 - 14:36 WIB
Presiden Lithuania: Putin, Stalin dan Hitler Sama
Presiden Lithuania: Putin, Stalin dan Hitler Sama
A A A
BRUSSELS - Presiden Lithuania, Dalia Grybauskaite, telah menyamakan taktik Presiden Rusia, Vladimir Putin dengan yang digunakan oleh pemimpin Soviet Josef Stalin dan pemimpin Nazi Adolf Hitler. Dia menuduh Moskow telah membujuk negara-negara Baltik agar meninggalkan NATO.

Komentar Dalia itu mengulang komentar yang pernah disampaikan Mantan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Hillary Clinton pada Maret lalu. Saat itu, Hillary menyatakan serangan Putin ke Crimea--sebelum pisah dari Ukraina—mirip dengan ulah Hitler yang pernah dilakukan sebelum Perang Dunia Kedua.

Menurut Presiden Dalia tuduhan kepada Putin itu tidak berlebihan.”(Putin) menggunakan kebangsaan sebagai dalih untuk menaklukkan wilayah dengan cara-cara militer. Itulah yang Stalin dan Hitler lakukan. Perbandingan tersebut tepat,” katanya, seperti dikutip Moscow Times, Senin (23/6/2014).

Dalia menuduh Rusia ingin mempertahankan pengaruhnya di wilayah yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet. Caranya, dengan menjaga negara-negara Baltik itu selalu bergantung pada Rusia dalam hal kebijakan ekonomi dan energi.

Tak hanya itu, Dalia juga berpendapat bahwa Rusia menghendaki agar tiga negara Baltik, yakni Latvia, Lithuania dan Estonia hengkang dari keanggotaan NATO dan Uni Eropa. Alasannya, tiga negara Baltik itu tidak dapat diandalkan di NATO maupun Uni Eropa.

”Menurut informasi kami, ada penawaran Rusia di negara-negara Baltik lainnya untuk mengurangi harga minyak atau gas jika negara-negara ini meninggalkan NATO,” ucap Dalia.

Sebaliknya, lanjut Dalia, negara-negara Barat berupaya agar negara-negara Baltik bisa mandiri secara ekonomi. Sebab, terlalu riskan jika terlalu bergantung kepada Rusia. ”Putin memiliki visi misi untuk membela (Eropa) belahan timur,” imbuh dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6432 seconds (0.1#10.140)