Musuhi China, Filipina Merapat ke Jepang

Rabu, 18 Juni 2014 - 10:36 WIB
Musuhi China, Filipina Merapat ke Jepang
Musuhi China, Filipina Merapat ke Jepang
A A A
MANILA - Presiden Filipina, Benigno Aquino akan mengunjungi Jepang minggu depan. Lawatan itu dilakukan di tengah memanasnya permusuhan dengan dengan China terkait sengketa Laut China Selatan.

Jepang juga sedang bermusuhan dengan China terkait sengketa Laut China Timur. (Baca: Klaim Laut China Selatan, Beijing Ledek Vietnam dan Filipina)

Agenda lawatan Aquino ke Jepang itu disampaikan pihak kantor kepresidenan, Rabu (18/6/2014). Aquino akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe selama lawatan satu hari pada 24 Juni 2014.

Lawatan itu sekaligus upaya untuk mempererat hubungan kedua negara yang sama-sama sedang bermusuhan dengan China soal sengketa maritim. “Ketegangan (sengketa maritim) mungkin menjadi topik diskusi ketika para pemimpin bertemu,” kata juru bicara Aquino, Abigail Valte, kepada AFP.

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Luar Negeri Filipina juga mengakui adanya rencana pembahasan soal ketegangan Filipina dengan China.

”Pertemuan ini merupakan kesempatan bagi kedua pemimpin untuk bertukar pandangan mengenai perkembangan regional baru-baru ini dan membahas bidang kerjasama untuk meningkatkan Kemitraan Strategis Filipina-Jepang,” bunyi pernyatan itu.

Aquino juga akan menyampaikan pidato tentang upaya pemerintah Filipina untuk mengakhiri pemberontakan kelompok Islamis selama puluhan tahun di bagian selatan negara itu. Dia sudah beruapaya untuk menerapkan pakta perdamaian dengan kelompok Front Pembebasan Islam Moro (MILF) yang ditandatangani tahun ini.

Jepang pada tahun 2011 sebenarnya menjadi tuan rumah pembicaraan rahasia antara Aquino dan pemimpin MILF, Murad Ebrahim. Dari pembicaraan rahasia itulah, pakta perdamaian antara MILF dan pemerintah Filipina disepakati.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7668 seconds (0.1#10.140)
pixels