Sri Lanka Dihantam Konflik Agama

Senin, 16 Juni 2014 - 17:16 WIB
Sri Lanka Dihantam Konflik Agama
Sri Lanka Dihantam Konflik Agama
A A A
ALUTHGAMA - Sri Lanka diguncang oleh konflik antar agama yang terjadi di wilayah selatan mereka. Pada Senin (16/6/2014), tiga orang muslim dilaporkan tewas dalam bentrokan antara umat Buddha dan Muslim di wilayah itu.

Melansir Reuters, Bentrokan terjadi ketika aksi demonstrasi yang dilakukan oleh kelompok Buddha garis keras, Bodu Bala Sena (BBS) di kota Aluthgama dan Beruwela, dua Kota-kota yang berpenduduk mayoritas Muslim.

Polisi telah memberlakukan jam malam setelah massa BBS mengamuk pada Minggu (15/6/2014) malam. Beberapa rumah milik warga setempat bahkan dilaporkan dibakar oleh para demonstran yang mengamuk.

Demonstrasi ini dilatarbelangi oleh masalh politik. Kelompok nasionalis Buddha menuduh kaum minoritas Muslim yang memegang pengaruh politik dan ekonomi yang tidak semestinya terjadi di wilayah itu.

“Pihak kepolisian gagal melaksanakan tugas mereka untuk melindungi warganya, ketika massa BBS mulai melakukan aksi mereka dan membakar rumah-rumah umat muslim di wilayah tersebut,” ungkap Menteri Kehakiman Sri Lanka, Rauf Hakeem.

Hakeem sendiri telah meminta perlindungan kepada Presiden Sri Lanka, Mahinda Rajapakse untuk melindungi umat muslim dari para ekstremis Buddha yang kerap melakukan aksi kekerasan di wilatyah itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3084 seconds (0.1#10.140)