Pesawat Rusia Dekati California, Jet Tempur AS Bergegas

Jum'at, 13 Juni 2014 - 10:02 WIB
Pesawat Rusia Dekati California, Jet Tempur AS Bergegas
Pesawat Rusia Dekati California, Jet Tempur AS Bergegas
A A A
LOS ANGELES - Sejumlah pesawat pembom jarak jauh Rusia terpantau melintas di sebuah wilayah yang berjarak 50 mil dari lepas pantai California. Hal itu membuat militer Amerika Serikat mengerahkan pesawat jet tempur F-22 untuk melakukan pengecekan.

Informasi tentang manuver pesawat pembom di dekat wilayah California itu disampaikan Komandan Pertahanan Angkatan Udara Amerika Utara (NORAD), Mayor Beth Smith, kemarin. Menurutnya, kejadian itu berlangung awal pekan ini.Namun, dia menegaskan bahwa pesawat Rusia tidak pernah memasuki wilayah udara AS. Dia menyebut manuver pesawat pembom Rusia itu hanya menjalani misi latihan rutin.

Smith mengatakan empat pesawat TU-95 Rusia pertama kali terlihat memasuki apa yang disebut sebagai Zona Identifikasi Pertahanan Udara (ADIZ) yang berjarak 200 mil dari pantai Alaska pada Senin sekitar pukul 16.30 waktu Pasifik.

Namun, empat pesawat pembom Rusia itu meninggalkan ADIZ menuju ke arah barat, setelah dua pesawat jet tempur AS, F-22 muncul. Namun, lima jam kemudian, dua pesawat pembom Rusia kembali terdeteksi di wilayah yang berjarak 50 mil dari pantai California. Aksi pesawat Rusia itu, menurut Smith telah dideteksi dua pesawat jet tempur F-15.

“Pesawat Rusia telah terbang di wilayah ADIZ puluhan kali selama beberapa tahun terakhir sebagai bagian dari misi pelatihan,” tulis Reuters, Jumat (13/6/2014) mengutip peryataan Smith. Sementara itu, pemerintah Rusia belum mengkonfirmasi atas laporan militer AS tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6005 seconds (0.1#10.140)