Italia Berharap G7 Kembali Menjadi G8

Minggu, 08 Juni 2014 - 21:11 WIB
Italia Berharap G7 Kembali Menjadi G8
Italia Berharap G7 Kembali Menjadi G8
A A A
ROMA - Seorang diplomat senior Italia berharap kelompok tujuh atau yang lebih dikenal dengan nama G7 dapat kembali menjadi G8, dengan Rusia kembali masuk menjadi kelompok negara-negara raksasa dunia tersebut.

"Adalah penting Rusia bertanggung jawab untuk menyelesaikan krisis Ukraina dan melanjutkan perannya dalam masyarakat dunia," ungkap Menteri Luar Negeri Italia, Federica Mogherini.

Menurut dia, peran Rusia dalam perkembangan dunia tidak bisa disepelekan. “Saat ini bisa atau tidak kembalinya format G8 ada di tangan Rusia,” Mogherini menambahkan, seperti dilansir kantor berita Rusia, Itar-Tas, Minggu (8/6/2014).

Dia juga menyatakan, dirinya sudah menerima kabar baik dari presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko mengenai upaya dirinya untuk memperbaiki hubungan baik dengan tetangganya tersebut.

“Pemulihan hubungan Rusia dan Ukraina akan sejalan dengan apa yang dinginkan oleh Uni Eropa dan NATO,” papar Mogherini. G8 pecah setelah tujuh negara lainnya memutuskan untuk mengeluarkan Rusia karena dianggap mencaplok Crime April lalu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6686 seconds (0.1#10.140)