Nigeria Kobarkan Perang dengan Boko Haram

Jum'at, 30 Mei 2014 - 14:28 WIB
Nigeria Kobarkan Perang dengan Boko Haram
Nigeria Kobarkan Perang dengan Boko Haram
A A A
ABUJA - Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan telah mendeklarasikan perang melawan kelompok bersenjata Boko Haram yang bulan lalu menculik 276 anak sekolah negara bagian Borno. Dia menyatakan telah memerintahkan pasukannya untuk berperang melawan militan.

"Saya bertekad untuk melindungi demokrasi kita, persatuan nasional dan stabilitas politik, dengan melancarkan perang total melawan terorisme ," ungkap Jonathan dalam pidatonya kerika memperingati Hari Demokrasi. Seperti dilansir Al Jazeera, Jumat (30/5/2014).

Jonathan juga mengatakan, ia telah resmi memrintahkan pasukan keamanan untuk menggunakan segala cara yang diperlukan di bawah hukum untuk memastikan bahwa hal ini dilakukan. “Saya jamin, bahwa mereka akan kita pukul mundur. Ini tidak akan terjadi dalam semalam, tapi kami akan berupaya untuk mencapai tujuan ini," papar Jonathan.

“Akan ada operasi skala penuh untuk mengakhiri impunitas teroris di tanah kita,” Jonathan menegaskan. Ia juga menyalahkan pemberontakan oleh Boko Haram, yang berusaha untuk mendirikan negara Islam di utara Nigeria.

Nigeria telah memerangi Boko Haram selama bertahun-tahun, dan telah meminta bantuan dari kekuatan dunia seperti Amerika Serikat, Perancis, Inggris dan China untuk membantu menemukan dan membebaskan ratusan siswi yang diculik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8463 seconds (0.1#10.140)
pixels