Presiden Baru Ukraina Ingin Ringkus Pentolan Separatis Pro-Rusia

Rabu, 28 Mei 2014 - 17:20 WIB
Presiden Baru Ukraina Ingin Ringkus Pentolan Separatis Pro-Rusia
Presiden Baru Ukraina Ingin Ringkus Pentolan Separatis Pro-Rusia
A A A
KIEV - Presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko, ingin menangkap pemimpin separatis pro-Rusia yang berulah di Ukraina timur. Dia ingin menyeret pemimpin separatis itu ke pengadilan.

Rencana penangkapan itu menjadi salah satu alasan mengapa dia memerintahkan operasi militer secara kilat di Denetsk, Ukraina timur. Hal itu dia ungkap dalam sebuah wawancara dengan media Jerman, Bild, yang dilansir Rabu (28/5/2014).

”Kami ingin menangkap mereka dan membawa ke pengadilan,” katanya. ”Operasi (militer) akhirnya benar-benar dimulai,” katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Presidium Tertinggi Republik Rakyat Donetsk, Denis Pushilin, mengatakan, korban tewas akibat operasi militer di Donetsk sudah lebih dai 50 orang yang sebagian berasal dari kalangan rakyat sipil. Dia khawatir, jumlah korban tewas akan bertambah mencapai 100 orang.

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki –moon, menyatakan keprihatinan atas pertempuran di Donetsk yang berlangsung sejak Senin lalu. Dia mendesak pihak berwenang Kiev untuk merebut kembali kontrol di wilayah timur dan tenggara Ukraina.

“Namun hanya dengan cara damai,” kata juru bicara Ki-moon, Stefan Dyuzharrik, yang mengomentari soal ultimatum aparat Kiev terhadap para militan separatis pro-Rusia. Ultimatum itu juga disertai pemboman di dekat wilayah Donetsk.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6470 seconds (0.1#10.140)