Afrika deklarasikan perang melawan Boko Haram

Minggu, 18 Mei 2014 - 17:20 WIB
Afrika deklarasikan perang melawan Boko Haram
Afrika deklarasikan perang melawan Boko Haram
A A A
Sindonews.com – Para pemimpin negara-negara Afrika pada Sabtu (17/5/2014) mendeklarasikan perang melawan militan Boko Haram yang berbasis di Nigeria. Demikian diungkapkan Presiden Chad, Idriss Deby,

Deby membuat pernyataan itu setelah pertemuan puncak di Paris bersama dengan Presiden Nigeria Goodluck Jonathan dan perwakilan dari negara-negara Afrika Barat, Kamerun, Benin, NIgeria, ditambah Amerika Serikat (AS), Uni Eropa (UE), Inggris dan Perancis.

"Ada tekad untuk mengatasi situasi ini, untuk memulai perang. Perang total terhadap Boko Haram," ungkap Deby. Pertemuan ini sendiri bertujuan untuk menemukan strategi bersama guna melawan kelompok bersenjata. Seperti dilansir AL Jazeera, Minggu (18/5/2014).

Para pemimpin Afrika yang menghadiri pertemuan tersebut menyepakati pengetatan kontrol di wilayah perbatasan, berbagi informasi intelijen dan mengambil pendekatan kolaboratif ketika melawan kelompok bersenjata.

Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan menilai Boko Haram telah berevolusi, dari sebuah kelompok kecil menjadi sebuah kelompok besar yang setara dengan al Qaeda. Sementara itu Presiden Prancis, Francois Hollande, menduga Boko Haram telah bekerjasam dengan kelompok lain di Afrika.

"Pesan yang kami ingin sampaikan adalah bahwa kita tahu ancaman itu. Ini serius untuk Nigeria, untuk Afrika dan untuk Eropa. Kami akan gunakan sistem militer dan intelijen untuk menemukan gadis-gadis yang diculik," ungkap Hollande.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1656 seconds (0.1#10.140)
pixels