Roket peluncur satelit tercanggih Rusia jatuh

Jum'at, 16 Mei 2014 - 13:56 WIB
Roket peluncur satelit tercanggih Rusia jatuh
Roket peluncur satelit tercanggih Rusia jatuh
A A A
Sindonews.com - Sebuah roket Proton-M milik Rusia jatuh di luar wilayah Kazakhstan, Jumat (16/5/2014). Roket tersebut merupakan roket peluncur satelit Express-AM4R, yakni satelit paling canggih yang dimiliki Rusia.

Roket itu jatuh sekitar sembilan menit setelah melunur. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa atas insiden itu.

Menurut RIA Novosti, roket tersebut jatuh di atas Pegunungan Altai atau di sekitar Samudra Pasifik. Dengan insiden itu, semua proyek pelucuran satelit dari roket Proton tertahan sementara di pusat ruang angkasa Baikonur di Kazakhstan sampai penyebab kecelakaan diketahui.

Badan Antariksa Federal Rusia, seperti dilansir Itar-Tass, mengatakan, ada mesin yang jatuh sekitar 540 detik setelah roket meluncur. Semua bahan bakar yang tersisa dari peluncuran tersebut kemungkinan terbakar di atmosfer.

“Fragmen kecil dari roket kemungkinan juga jatuh. Penyebab, saat ini sedang diselidiki,” kata pihak Roscosmos Rusia.Ahli ruang angkasa, Stephen Clark mengatakan, sangat tidak mungkin ada korban jiwa dalam insiden itu.

”Tidak ada laporan sampai saat ini. Lokasi ini adalah hamparan luas di Samudra Pasifik atau Rusia Timur Jauh, di mana puing-puing ini mungkin jatuh. Dan daerah yang sangat jarang penduduknya,, sehingga sangat tidak mungkin ada seseorang yang terluka atau terbunuh oleh insiden ini,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4760 seconds (0.1#10.140)