Jerman: Pertemuan meja bundar bahas Ukraina akan digelar

Senin, 12 Mei 2014 - 20:16 WIB
Jerman: Pertemuan meja bundar bahas Ukraina akan digelar
Jerman: Pertemuan meja bundar bahas Ukraina akan digelar
A A A
Sindonews.com – Krisis yang terjadi di wilayah Ukraina, khususnya di wilayah timur negara itu semakin meluas dan menjadi-jadi. Krisis yang dianggap sebagai krisis terburuk di Eropa di era 2000an ini membuat banyak negara mencoba membantu untuk menyelesaikannya, salah satunya adalah Jerman.

Pemerintah Jerman menyatakan pada Senin (12/5/2014), sebuah pertemuan dengan nama pertemuan meja bundar akan digelar tengah pekan mendatang guna membahas krisis yang terjadi di negara pecahan Uni Soviet itu.

Seperti dilaporkan Reuters, pertemuan ini dianggap sebagai salah satu langkah untuk mengurangi krisis paska referendum di wilayah Ukraina timur. Referendum itu sendiri menerima penolakan dari Barat dan Kiev karena dianggap tidak memiliki dasar hukum yang jelas.

"Kita perlu melakukan dialog nasional di Ukraina dengan partisipasi Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE) untuk membahas tema-tema penting seperti desentralisasi, pertanyaan konstitusional dan reformasi
konstitusional," ungkap juru bicara pemerintahan Jerman, Steffen Seibert.

"Kami menyambut fakta bahwa persiapan untuk pertemuan meja bundar hampir selesai dan pada pertengahan pekan mendatang pertemuan tahap pertama akan diselenggarakan," Seibert menambahkan.

Namun, sayangnya Seibert tidak memberikan rincian lebih lanjut menganai perserta yang akan mengikuti pertemuan tersebut dan detail mengenai agenda utama yang akan dibahas dalam pertemuan itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5270 seconds (0.1#10.140)
pixels