Terkait wabah MERS, WHO gelar rapat darurat

Jum'at, 09 Mei 2014 - 21:46 WIB
Terkait wabah MERS,...
Terkait wabah MERS, WHO gelar rapat darurat
A A A
Sindonews.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Jumat (9/5/2014), pihaknya akan menggelar pertemuan darurat pekan depan untuk membahas penyebaran virus MERS. Rapat ini dilakukan di tengah kekhawatiran atas meningkatnya jumlah kasus di beberapa negara.

“Badan kesehatan PBB akan menjadi tuan rumah pertemuan darurat pada Selasa (13/5/2014) mendatang untuk membahas penyebaran virus tersebut, yang dalam waktu kurang dari dua tahun telah menewaskan 126 orang di Arab Saudi saja,” ungkap juru bicara WHO, Tarik Jasarevic, seperti dilansir Channel News Asia.

Sebelumnya, Komite darurat WHO telah menggelar pertemuan sebanyak empat kali untuk membahas virus corona misterius, yang muncul pada pertengahan 2012 di Arab Saudi. "Peningkatan jumlah kasus di berbagai negara menimbulkan sejumlah pertanyaan," papar Jasarevic, tanpa memberikan rincian rincian lebih lanjut mengenai agenda pertemuan.

The Middle East Respiratory Syndrome corona virus (MERS-CoV) dianggap sebagai sepupu mematikan dari virus SARS. Namun sebelumnya dianggap sebagai virus yang tidak dapat menular. Seperti SARS, MERS menyebabkan infeksi paru-paru, dengan gejala layaknya demam biasa dengan batuk dan kesulitan bernafas.

Tidak ada vaksin atau pengobatan untuk MERS, penyakit yang membunuh lebih dari 40 persen dari mereka yang terinfeksi. Kasus MERS juga telah dilaporkan di Uni Emirat Arab, Yordania, Mesir, Lebanon, dan bahkan Amerika Serikat, dengan sebagian besar yang melibatkan orang-orang yang telah melakukan perjalanan ke Arab Saudi atau bekerja di sana.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2242 seconds (0.1#10.140)