Konflik memanas, kapal China dan Vietnam tabrakan

Kamis, 08 Mei 2014 - 12:06 WIB
Konflik memanas, kapal China dan Vietnam tabrakan
Konflik memanas, kapal China dan Vietnam tabrakan
A A A
Sindonews.com – Sengketa maritim di kawasan Laut China Selatan kembali memanas, setelah kapal China dan Vietnam bertabarakan di wilayah sengketa.

Pihak Vietnam menuduh kapal China sengaja menabrak dua kapal Vietnam saat berlayar di wilayah sengketa di Laut China Selatan. Di wilayah itu, Beijing telah mengerahkan kapal minyak raksasa yang memperkeruh siuasi di kawasan itu.

Kementerian Luar Negeri Vietnam di Hanoi mengatakan tabrakan terjadi pada hari Minggu lalu dan mengakibatkan kerusakan besar pada kapal Vietnam. Enam orang awak kapal Vietnam terluka dalam insiden itu.

”Pada tanggal 4 Mei 2014, kapal-kapal China sengaja menabrak dua kapal Vietnam,” kata Wakil Kepala Komite Perbatasan Nasional Kementerian Luar Negeri Vietnam, Tran Duy Hai, seperti dilansir Reuters, Kamis (8/5/2014).

”Kapal-kapal China, dengan dukungan angkatan udara, berusaha untuk mengintimidasi kapal Vietnam. Meriam air telah digunakan,” lanjut dia.

Seorang pejabat Angkatan Laut Vietnam yang berbicara dalam kondisi anonim karena tidak berwenang berbicara kepada media mengaakan, belum ada tembakan saat insiden terjadi. ”Vietnam tidak akan menembak, kecuali China menembak lebih dulu,” katanya.

Sementara itu, pihak Beijing belum memberikan keterangan resmi atas insiden penabrakan kapal yang dituduhkan pihak Vietnam. Sebelum ini, Beijing juga bersitegang dengan Filipina, setelah kapal penangkap ikan mereka yang berlayar di Laut China Selatan disergap dan 11 awak kapal ditangkap. (Baca: Kapal disergap polisi Filipina di laut sengketa, China marah)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6242 seconds (0.1#10.140)
pixels