Virus MERS sudah sampai Amerika Serikat

Sabtu, 03 Mei 2014 - 18:58 WIB
Virus MERS sudah sampai Amerika Serikat
Virus MERS sudah sampai Amerika Serikat
A A A
Sindonews.com – Kasus virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) untuk pertama kalinya terdeteksi menyerang warga Amerika Serikat (AS). Warga yang terserang adalah seorang pekerja medis laki-laki yang pernah melakukan perjalanan ke Timur Tengah.

Pasien virus pernapasan yang pertama di AS itu pernah melakukan perjalanan melalui pesawat British Airways pada 24 April 2014 dari Riyadh ke London. Setelah itu, dia melanjutkan penerbangan dari bandara Heathrow menuju AS.

Dia mendarat di Chicago dan melakukan perjalanan dengan bus ke Indiana pada 27 April 2014. Setelah itu, pasien yang identitasnya dirahasiakan itu mulai mengalami gejala gangguan pernafasan, termasukdemam, batuk, dan sesak napas.

Menurut Departemen Kesehatan Indiana, pria itu mengunjungi kantor darurat di Rumah Sakit Komunitas di Munster, Indiana, pada tanggal 28 April 2014. Pejabat medis Indiana kemudian menguji sampel darah untuk penelitian penyakit MERS. Sampel yang dikirim ke Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) mengkonfirmasi, bahwa pria itu terserang virus MERS.

Anne Schuchat, Direktur CDC Pusat untuk Imunisasi dan Penyakit Pernapasan, dalam konferensi pers mengatakan itu kasus MERS pertama di AS.”(Itu jadi) keprihatinan besar. Kasus ini berisiko rendah untuk menyebar ke masyarakat umum,” katanya, seperti dikutip Reuters, Sabtu (3/5/2014).

CDC menolak untuk mengidentifikasi pasien, termasuk lokasi pasien itu dirawat. Temuan kasus MERS itu membuat Departemen Kesehatan Inggris juga waspada, sebab pasien di AS memiliki riwayat pernah melakukan perjalanan ke Inggris. (Baca: Menyebar ke Mesir, MERS intai jemaah umrah di Saudi)
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5554 seconds (0.1#10.140)