Presiden Ukraina: Rusia luncurkan perang!

Senin, 14 April 2014 - 10:02 WIB
Presiden Ukraina: Rusia luncurkan perang!
Presiden Ukraina: Rusia luncurkan perang!
A A A
Sindonews.com - Presiden Ukraina, Oleksandr Turchynov, terang-terangan menuduh Rusia sedang melancarkan perang terhadap negaranya. Menurutnya, hal itu terbukti dengan dukungan Rusia terhadap kelompok separatis bersenjata yang merebut gedung-gedung di Ukraina timur.

”Darah telah tumpah dalam perang yang sedang dilancarkan terhadap Ukraina dengan Rusia,” kata Turchynov dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi milik Pemerintah Ukraina, kemarin petang. Ukraina, kata dia, juga telah meluncurkan operasi anti - teroris besar-besaran terhadap kelompok bersenjata pro-Moskow.

Turchinov mengaku sudah bernegosiasi dengan kelompok bersenjata agar mereka menyerahkan senjatanya pada Senin (14/4/2014) pagi ini. Konsekuensinya, kelompok itu tidak akan dituntut.

Minggu kemarin, pasukan khusus Ukraina dengan kelompok bersenjata terlibat bentrok, setelah kantor polisi di kota Slavyansk direbut kelompok bersenjata yang menuntut referendum, seperti yang telah terjadi pada Crimea.

”Ada yang tewas dan terluka di kedua belah pihak,” kata Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, dalam halaman Facebook-nya. ”Di pihak kita ada petugas Layanan Keamanan Ukraina. Sedangkan dari kelompok separatis, ada orang tak dikenal yang melindungi diri dengan tameng manusia,” lanjut dia.

Orang-orang bersenjata itu, seperti dilaporkan Reuters, mengenakan pita oranye dan hitam. Simbol itu identik dengan simbol kemenangan Soviet dalam Perang Dunia II yang telah diadopsi oleh kelompok separatis pro - Rusia di Ukraina.

Kelompok itu juga menurunkan bendera Ukraina di sejumlah bangunan pemerintah dan menggantinya dengan bendera tiga warna milik Rusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3579 seconds (0.1#10.140)